Raditya Dika


Raditya Dika







Indonesian Famous - Raditya Dika adalah seorang penulis novel dan skenario, komedian, aktor, model dan sutradara yang berasal dari Indonesia. Novel karya Raditya Dika lebih spesifik kepada buku-buku jenaka. Radit, demikian nama panggilan akrabnya, suka menuliskan pengalamannya sehari-hari. Tulisan-tulisan tersebut awalnya dituangkan ke dalam blog pribadinya yang kemudian dibukukan. Novel pertamanya yang terbit tahun 2005 berjudul "Kambing Jantan" langsung masuk kategori best seller. Buku tersebut mengisahkan pengalaman kehidupan Raditya Dika saat kuliah di Australia. 

Karya novel Raditya dapat dikategorikan kepada genre baru dalam dunia novel Indonesia. Saat radit mulai merilis buku pertamanya tersebut, memang belum banyak penulis yang masuk ke dunia tulisan bernuansa komedi. Apalagi bergaya diari pribadi (personal essay) khas Raditya Dika. Ia memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan penulis lainnya, terutama dalam pemberian judul. Setiap judul karya tulisan yang dibuatnya, selalu mengangkat nama-nama hewan, salah satunya adalah "Kambing Jantan".


Biodata Raditya Dika
  1. Nama Lengkap : Dika Angkasaputra Moerwani
  2. Tanggal Lahir : 28 Desember 1984
  3. Tempat Lahir : Jakarta, Indonesia
  4. Pekerjaan : Penulis, sutradara, dan komedian
  5. Agama : Islam
  6. Kewarganegaraan : Indonesia

Biografi Raditya Dika
Raditya Dika lahir pada tanggal 28 Desember 1984, di Jakarta. Nama aslinya adalah Dika Angkasaputra Moerwani, namun ia menggantinya saat duduk di bangku kelas 4 SD. Saat itu ia meminta izin kepada orang tuanya untuk mengganti namanya dari Dika Angkasaputra Moerwani menjadi Raditya Dika.

Pergantian namanya tersebut tidak dilakukan secara resmi, bahkan di akte kelahirannya pun masih tertulis nama Dika Angkasaputra Moerwani. Saat Ujian kelulusan SD, ia diminta pihak sekolah untuk menuliskan namanya pada lebar formulir, saat itulah ia menulis nama "Raditya Dika", bukan nama yang sesuai dengan akte kelahirannya. Hal tersebut membuat ijazah SD yang seharusnya bernama Dika Angkasaputra Moerwani berubah menjadi Raditya Dika. 

Saat memasuki SMP (Sekolah Menengah Pertama), ia tetap menuliskan nama Raditya Dika sesuai ijazah SD, tidak mengikuti nama yang tertulis di akte kelahiran. Ia pun terdaftar di SMP Tarakanita I dengan nama Raditya Dika. Sejak saat itu namanya dalam kehidupan pendidikannya menjadi Raditya Dika. Ia juga akrab dipanggil teman-temannya dengan nama Radith. Tidak hanya ijazah saja yang salah dalam penulisan namanya. KTP (Kartu Tanda Penduduk), SIM (Surat Izin Mengemudi), juga menggunakan nama Raditya Dika.

Pendidikan
  1. SMP Tarakanita I
  2. SMU 70 Bulungan
  3. University of Adelaide
  4. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia

Perjalanan Menjadi Seorang Penulis
Raditya mulai memiliki keinginan untuk membukukan catatan harian di blog pribadinya saat ia memenangi Indonesian Blog Award. Raditya juga pernah meraih Penghargaan bertajuk The Online Inspiring Award 2009 dari Indosat. Dari pengalaman itu, ia mencetak tulisan-tulisannya di blog kemudian ia tawarkan ke beberapa penerbit untuk diterbitkan dan dicetak sebagai buku. Pada awalnya, banyak penerbit yang menolak karya Raditya Dika. Namun akrena kegigihan, penerbit buku Gagasmedia akhirnya menerima naskah itu untuk diterbitkan. Dan ternyata sukses sebagai best seller.

Raditya sukses sebagai penulis yang keluar dari alur kepenulisan utama. Ia tampil dengan genre baru yang segar, yaitu komedi. Gaya penulisannya Yang membuat ia berbeda dari penulis lain terutama dengan ide nama binatang yang selalu ia pakai dalam setiap judul bukunya. Dari buku pertama hingga terbaru, semua judulnya mengandung unsur nama binatang. Bagi Raditya, ini adalah titik kunci penjualannya.

Raditya Dika berkeyakinan bahwa penulis harus memiliki inovasi. Awalnya, di bulan-bulan pertama terbitnya buku pertama Raditya Dika, tidak terlalu laku. Raditya Dika menganngap itu adalah risiko karena masuk ke dalam genre baru. Raditya kemudian gencar berpromosi di blog yang ia kelola. Selain itu ia juga gencar promosi dari mulut ke mulut. Raditya meminta pembacanya untuk berfoto dengan buku pertamanya itu kemudian dikirim ke Raditya. Jadilah ini sebuah strategi pemasaran yang menjadikan pembaca sebagai target pasarnya.

Menjadi penulis sukses bukanlah hal yang mudah dan  tanpa hambatan. Menurutnya, hambatan bukan hanya dari industri buku, melainkan juga dari hal-hal yang sifatnya diagonal. Misalnya, lawan dari industri buku bisa jadi bukan industri buku lain tapi industri lain yang sebenarnya tidak berhubungan sama sekali seperti dunia hiburan, makanan, dan lain-lain.

Bagi Raditya hal ini memang sudah lazim. Yang perlu dilakukan adalah terus berkreasi dan bertindak kreatif. Baginya, kompetisi yang ada adalah kunci untuk berinovasi. Tekanan kompetitor bisa menjadi motivasi untuk terus memberikan ide-ide baru dan menggali kemampuan.

Karya dan Kariernya
Karya pertama yang mengangkat namanya adalah buku berjudul Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh (2005). Buku ini menceritakan kehidupan Raditya ketika masih berkuliah di Adelaide, Australia. Cerita yang dibawakan Raditya adalah kisah-kisahnya sebagai pelajar Indonesia yang berkuliah di luar negeri. Buku ini ditampilkan dalam format buku harian. Seluruh cerita dalam karyanya tersebut berasal dari blog pribadinya.

Setahun kemudian, yaitu pada tahun 2006, ia menerbitkan buku keduanya yang berjudul "Cinta Brontosaurus". Buku keduanya ini hampir sama dengan buku sebelumnya, cerita-cerita yang ada dalam buku ini berasal dari kisah keseharian Raditya. Namun, buku kedua ini menggunakan format cerita pendek (cerpen) yang bercerita mengenai pengalaman cinta Raditya yang sepertinya selalu tidak beruntung. Isi dari buku ini meliputi kisah dari sewaktu Raditya mengirim surat cinta pertama ke teman saat SD, hingga pengalaman Raditya memerhatikan kucing Persia-nya yang jatuh cinta dengan kucing kampung tetangganya.


Buku ketiganya berjudul "Radikus Makankakus: Bukan Binatang Biasa" terbit pada tanggal 29 Agustus 2007. Buku ketiga ini mengisahkan Raditya yang pernah menjadi badut Monas dalam sehari, mengajar bimbingan belajar, lalu saat Raditya dikira hantu penunggu WC, sampai cerita mengenai kutukan orang NTB. Kemudian terbit buku selanjutnya, berjudul "Babi Ngesot : Datang Tak Diundang Pulang Tak Berkutang" (2008), "Marmut Merah Jambu" (2010), dan "Manusia Setengah Salmon" (2011). Raditya masih tetap konsisten dengan genre komedi di semua buku yang ia terbitkan.

Novelnya yang laku dan mengundang banyak perhatian masyarakat Indonesia membuat para produser tertarik untuk mengajaknya bermain film. Film pertama yang ia mainkan adalah "Kambing Jantan: The Movie" sebuah film yang diangkat dari adaptasi novel pertamanya yang berjudul "Kambing Jantan". Film tersebut diproduksi pada tahun 2009, dalam film tersebut ia bermain sebagai pemeran utama sebagai Dika, dan beradu akting dengan Herfiza Novianti serta Edric Tjandra.

Sukses dengan film pertamanya, Raditya kembali mengangkat novelnya ke layar lebar. Tercatat ada 3 filmnya yang berjudul "Cinta Brontosaurus", "Manusia Setengah Salmon" dan "Marmut Merah Jambu" diambil dari judul buku yang sama. Ketiga film ini rata-rata memiliki tema tentang kisah percintaan Raditya yang selalu gagal.

Karya Tulisnya
  1. Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh - Tahun 2005
  2. Cinta Brontosaurus - Tahun 2006
  3. Radikus Makankakus: Bukan Binatang Biasa - Tahun 2007
  4. Babi Ngesot: Datang Tak Diundang Pulang Tak Berkutang - Tahun 2008
  5. Marmut Merah Jambu - Tahun 2010
  6. Manusia Setengah Salmon - Tahun 2011
  7. Koala Kumal - Tahun 2015
Filmografi
  1. Film : 
    a. Kambing Jantan The Movie - Tahun 2009
    b. Cinta Brontosaurus - Tahun 2013
    c. Cinta Dalam Kardus - Tahun 2013
    d. Manusia Setengah Salmon - Tahun 2013
    e. Marmut Merah Jambu - Tahun 2014
    f. Malam Minggu Miko - Tahun 2014

  1. Penulis Skenario :
    a. Maling Kutang - Tahun 2009
    b. Cinta Brontosaurus - Tahun 2013
    c. Manusia Setengah Salmon - Tahun 2013
    d. Marmut Merah Jambu - Tahun 2014

  1. Sutradara : 
    a.  Marmut Merah Jambu - Tahun 2014
    b.  Malam Minggu Miko The Movie - Tahun 2014
    c. Marmut Merah Jambu The Series - Tahun 2015

Raditya dikenal sebagai orang yang cukup terbuka. Ia pernah menjalin hubungan asmara dengan sederet artis Indonesia seperti Herfiza Novianti, Sherina dan Anissa Aziza. Setiap perempuan yang hadir di dalam hidup Raditya selalu dijadikan sebuah cerita romantis dalam novelnya. Contohnya dengan Sherina yang pernah muncul dalam novel "Marmut Merah Jambu". Kini ia berkarier di penerbit buku Bukune, Raditya bertindak sebagai direktur juga sebagai direktur dan pemimpin redaksi dan sering diundang sebagai juri Stand Up Comedy.. Sering digoda karena postur tubuh dan kejomboannya sampai umur kepala tiga, ,Raditya Dika akhirnya menikah dengan Anissa Aziza di bulan Mei 2018.

Raditya Dika Raditya Dika Reviewed by Fiedri Dasril on 1:24 AM Rating: 5

No comments